FAQ

FAQ Public Diklat

T : Apa persyaratan untuk menjadi peserta diklat?

J : Tingkat pendidikan paling rendah adalah lulusan SLTA (SMU, SMK, atau sederajat) dan terbuka untuk semua latar belakang pekerjaan.

Untuk diklat sertifikasi kompetensi bidang tertentu terkadang memang ada persyaratan tingkat pendidikan paling rendah lulusan D3, D4 atau S1

T : Bagaimana cara mendaftarkan diri untuk mengikuti diklat?

J : Dengan mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap dan jelas. Pendaftaran juga bisa dilakukan dengan mengirimkan biodata via e-mail, whatsapp, SMS atau datang langsung ke sekretariat pendaftaran yang kami buka setiap hari rabu pukul 09.00 – 16.00 WIB. Sekretariat pendaftaran akan kami buka kembali setelah pandemi covid-19 di Indonesia dinyatakan telah berakhir oleh pemerintah.

T : Siapa saja yang boleh mengikuti diklat?

J : Mahasiswa, fresh graduate, dosen, karyawan, pegawai negeri sipil, dan masyarakat umum dari berbagai macam latar belakang pekerjaan/profesi

T : Kapan terakhir pendaftaran?

J : H-3 sebelum pelaksanaan diklat atau menyesuaikan dengan ketentuan khusus untuk jenis diklat tertentu

T : Kapan terakhir pelunasan biaya diklat?

J : Maksimal pelunasan H-3 sebelum pelaksanaan diklat (hari kerja) atau menyesuaikan dengan ketentuan khusus untuk jenis diklat tertentu. Khusus untuk peserta yang dibiayai oleh instansi/perusahaan, diberikan kebijakan untuk pelunasan sesuai prosedur yang sudah ada di perusahaan yang bersangkutan dengan jaminan guarantee letter untuk jatuh tempo pelunasan.

T : Apakah semua diklat tersebut akan pasti jalan/confirm running?

J : Diklat dapat terselenggara jika sudah memenuhi minimal kuota. Minimal kuota tergantung dari jenis diklatnya. Penundaan atau pembatalan pelaksanaan diklat akan kami beritahukan kepada semua calon peserta pada H-3 sebelum pelaksanaan yang sudah diagendakan.

T : Apakah setelah mendaftar dan melakukan pembayaran boleh melakukan pembatalan?

J : Calon peserta dapat melakukan pembatalan paling lambat pada H-7 sebelum pelaksanaan diklat. Pembatalan setelah H-7 tetap akan kami layani jika calon peserta mengalami kecelakaan/sakit (wajib dibuktikan dengan surat keterangan dokter), namun tetap akan dikenakan biaya administrasi maksimal sebesar 50% atau sesuai kebijakan kami. Pembatalan pada hari H pelaksanaan diklat tidak akan kami layani, maka 100% biaya yang sudah disetorkan kepada kami dianggap hangus.

 

T : Bagaimana prosedur refund/pengembalian biaya diklat yang sudah disetorkan oleh calon peserta?

J : Refund/pengembalian 100% hanya berlaku jika diklat ditunda atau dibatalkan oleh pihak kami. Pengajuan refund oleh calon peserta hanya kami layani paling lambat pada H-7 sebelum pelaksanaan diklat, dan tetap akan dikenakan potongan biaya administrasi maksimal sebesar 25% atau sesuai kebijakan kami.

T : Bagaimana proses refund/pengembalian?

J : Proses refund/pengembalian hanya kami lakukan via transfer. Pentransferan dilakukan mulai tanggal 15 pada setiap bulannya. Proses refund/pengembalian ini dapat memakan waktu hingga 10 hari kerja dikarenakan banyak faktor: terpotong hari sabtu-minggu, tanggal merah/libur nasional, limit transfer harian terbatas, proses kliring antar bank, adanya maintenance system oleh pihak bank, dll.

 

T : Apakah boleh jika calon peserta tidak melakukan pembatalan namun digantikan oleh orang lain?

J : Calon peserta boleh tidak melakukan pembatalan dan digantikan oleh orang lain, dengan pemberitahuan perubahan data calon peserta paling lambat pada H-1 sebelum diklat dilaksanakan.

T : Apakah bisa mendaftar secara personal?

J : Untuk pendaftaran bisa secara personal maupun peserta dengan biayai dari instansi/perusahaan tempat bekerja.

T : Apakah biaya diklat sudah termasuk akomodasi penginapan bagi peserta diklat?

J : Biaya diklat tidak termasuk akomodasi penginapan, kecuali untuk beberapa jenis diklat tertentu yang telah dipublikasikan dengan keterangan mendapatkan fasilitas penginapan.

T : Apakah setelah diklat akan mendapatkan sertifikat?

J : Semua peserta diklat akan mendapat sertifikat yang diterbitkan oleh Gadjah Mada Yogyakarta.

Khusus untuk diklat sertifikasi kompetensi, peserta yang telah dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) atas nama Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

T : Kapan sertifikat diberikan kepada para peserta ?

J : Sertifikat dari Pusdiklat Gadjah Mada Yogyakarta diberikan langsung setelah pelaksanaan diklat. Khusus sertifikat kompetensi dari LSP atas nama BNSP biasanya sertifikat dikirimkan kepada para peserta paling cepat satu bulan sejak peserta dinyatakan kompeten melalui proses uji kompetensi.