Keseruan Peserta Diklat Ahli K3 Umum Periode V

Yogyakarta (19/02/2018) – Gamayogers Update – PJK3 Gadjah Mada Yogyakarta kembali mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk menjadi penyelenggaran DIklat Ahli K3 Umum Sertifikasi Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia (RI) pada tanggal 05 Februari – 17  Februari 2018 yang termasuk kedalam Periode V. Periode ini cukup unik karena terdiri dari beragam peserta dengan beragam latar belakang profesi. Diklat AK3 Umum Periode VI ini dilaksanakan di Yogyakarta, yaitu di Gedung Viglosia. Pada periode V ini diikuti oleh 17 Peserta yang berasal dari berbagai macam kota seperti Yogyakarta,Tangerang, Jakarta hingga Sulawesi.

Gadjah Mada Yogyakarta merupakan badan hukum perseroan terbatas yang telah ditetapkan pada tanggal 15 Juli 2016 melalui Keputusan Menteri Hukum & HAM RI No.: AHU – 0032469.AH.01.01.Tahun 2016. Yang memiliki kewenangan sesuai dengan SKP KEP.323/BINWASK3-PNK3/2017 No.Reg. : 332/PJK3/F-MN/34/2017/P0 sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa K3 tentang penunjukan PT. Gadjah Mada Yogyakarta sebagai Perusahaan Penyedia Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Sebanyak 17 peserta yang mengikuti Diklat Ahli K3 Umum periode V ini memiliki keunikan tersendiri dan kekompakan yang sangat baik. Pada periode ke V ini, panitia dikejutkan oleh seseorang yang bernama Bapak Korianto Kamput dengan julukan Virza Idol (kw) karena bakat menyanyi dan kemerduan suaranya yang memang mirip dengan Virza Idol. Selain itu, peserta periode V juga memiliki mars tersendiri yang cukup unik dan berbeda yang setiap harinya mereka nyanyikan sebelum memulai kelas diklat yang dipimpin oleh ketua kelas yaitu Bapak Korianto Kamput itu sendiri. Peserta periode V dijuluki kelas merah hati karena meskipun semarak para peserta tetap memiliki keseriusan saat materi di kelas dan mengikuti kegiatan PKL.

Foto bersama Bapak Armansyah dari Kemenaker RI setelah Sesi Ujian & Seminar

Dalam pelaksanaan kegiatannya, peserta begitu antusias dalam mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh PJK3 Gadjah Mada Yogyakarta di setiap sesi kelas dengan materi yang menunjang, hingga pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL) yang dilaksanakan di PT. Adi Satria Abadi (PT. ASA) yang berada di Kawasan Industri Piyungan. PT. ASA merupakan perusahaan yang memproduksi produk yang berasal dari kulit. Para peserta periode V begitu antusias dalam pelaksanaan PKL ini. Selain karena mereka mendapat pengalaman baru, para peserta juga dapat mengidentifikasi temuan baik  itu positif maupun negatif dari perusahaan tersebut. Tidak hanya memperoleh temuan positif dan temuan negative, para peserta juga diharapkan dapat memberikan solusi serta rekomendasi mengenai hal-hal yang seharusnya diperbaiki dan dipertahankan dari perusahaan yang dikunjungi.

Tentu harapannya adalah para peserta setelah mengikuti Diklat Calon Ahli K3 Umum ini yaitu dapat mengimplementasi apa yang para peserta dapat baik pengetahuan secara regulasi, pengetahuan secara system manajemen K3, maupun melihat temuan yang terdapat di perusahaan para peserta bekerja serta tetap menjaga silaturahmi pasca diklat. Sesuai dengan komitmen PJK3 Gadjah Mada Yogyakarta, maka Diklat Calon Ahli K3 Umum Sertifikasi Kementrian Tenaga Kerja RI ini akan kembali dilaksanakan pada periode VI pada tanggal 12 – 24 februari , dan periode VII tanggal 29 Februari – 03 Maret 2018. (Nas).