“Perjuangan tidak pernah membohongi Hasil” K3 Migas

“Bekerja dengan aman adalah seperti bernapas, jika kita tidak melakukannya maka kita akan mati.”. Mungkin slogan tersebut dapat mewakili pentingnya K3 bagi segala aspek kehidupan selayaknya sebuah nafas.

Pemerintah telah menekankan begitu pentingnya K3 bagi perusahaan, tetapi Sebelum pemerintah menekankan hal tersebut, Perusahaan Migas sudah terlebih dahulu menerapkan hal ini bahkan mengganggap bahwa k3 adalah harga mati.

Mengapa K3 di lingkungan migas adalah harga mati ? Karena Perusahaan ini sangat rawan akan kecelakaan. Perusahaan ini mencari, mengelola, mengolah dan mendistribusikan minyak yang sangat mudah terbakar. Apabila sedikit saja terjadi kesalahan, akan menyebabkan kematian dan juga kerugian yang sangat besar bagi perusahaan.

Maka dari itu, Pusdiklat Gadjah Mada Yogyakarta menyelenggarakan Diklat Kompetensi dan Sertifikasi Profesi K3 Migas. Tepat pada tanggal 8 – 12 Oktober 2018, Diklat K3 Migas pun telah dilaksanakan. Diklat ini diikuti oleh peserta dari berbagai macam daerah, suku, dan latar belakang yang berbeda-beda. Walaupun banyaknya perbedaan, tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi para peserta untuk mengakrabkan diri. Bahkan dapat dikatakan para peserta K3 migas sangat kompak tanpa memandang usia.

Selain kekompakan, para peserta K3 Migas juga sangat antusias saat menerima materi didalam kelas. Hal tersebut dibuktikan dengan aktifnya para peserta dalam melakukan tanya jawab saat diklat berlangsung. Suasana kelaspun menjadi lebih hidup, nyaman dan juga kondusif.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari ini diisi dengan materi-materi yang luar biasa dan juga pemateri yang sangat berkompeten. Mulai dari memahami undang-undang & peraturan terkait K3, Memahami & mampu melakukan job safety analysis (JSA), melakukan Praktek kebakaran, praktek P3K, sampai dengan praktek SCBA.

Lagi-lagi antusias para peserta sangat terlihat saat praktek berlangsung, baik disaat praktek kebakaran, P3K dan juga SCBA. Para peserta tidak mau ketinggalan mencoba semua alat yang telah disediakan pada saat praktek, bahkan meminta panitia untuk mengabadikan moment saat menggunakan alat-alat praktek tersebut.

Tiba pada saat yang dinanti-nanti oleh para peserta yaitu “Ujian”. Ujian yang merupakan penentu dari perjuangan para peserta selama mengikuti diklat 5 hari ini. Ternyata benar kata pepatah, “Perjuangan tidak akan membohongi hasil”. Semua peserta K3 Migas lulus dengan hasil yang baik. Tak heran melihat antusiasnya para peserta saat melaksanakan diklat ini, sebuah kelulusan adalah hadiah yang sangat pantas untuk didapatkan.

Para peserta berjanji Pelajaran yang didapatkan selama 5 hari di Pusdiklat Gadjah Mada Yogyakarta ini akan diaplikasikan dan berguna untuk 500 tahun kedepan. Pelajaran yang didapat juga akan menjadi nafas yang memberi keselamatan bagi para pekerja di perusahaan masing-masing. Good Job ! (aml/)

Comments