Periode 22 Perkuat Ilmu dengan Aktif Berdiskusi

“Malu bertanya sesat dijalan” ungkapan ini sangat sesuai dengan peserta calon Ahli K3 Umum periode 22. Dapat dikatakan demikian karena hampir dari seluruh peserta sangat aktif untuk bertanya ketika sesi materi berlangsung selama 8 hari. Bahkan di hari pertama sudah sangat terlihat dari para peserta untuk saling mengemukakan pendapat. Peserta periode 22 ini cukup menarik karena biasanya di hari pertama para peserta masih malu-malu untuk bertegur sapa. Berbeda dengan angkatan ini, peserta terlihat senang untuk saling bertukar pikiran.

Menurut instruktur pembinaan calon ahli K3 keaktifan peserta seperti simbiosis mutualisme, karena membawa dampak yang baik bagi peserta dan instruktur. Peserta akan memperoleh pengetahuan lebih banyak. Serta tidak menutup kemungkinan instruktur juga akan memperoleh pengetahuan baru ketika diskusi berlangsung. Bagi isntuktur kegiatan belajar mengajar akan sangat menguntungkan ketika peserta memberikan tanggapan dari setiap materi yang diberikan. Hal ini karena instruktur dapat mengukur sejauh mana peserta mampu memahami materi yang diberikan.

Salah satu kegiatan diskusi yang cukup menjadi perhatian ialah ketika peserta membuat laporan praktik kerja lapangan di hari yang ke 10 bertempatan di ruang Venus. Pengerjaan laporan cukup memakan waktu karena anggota dari setiap kelompok saling memberikan masukan dan berkontribusi dalam pembuatan laporan praktik kerja lapangan.

Adapun suasana diskusi dapat ditemui kembali pada momen seminar hasil laporan praktik kerja lapangan yang didampingi langsung oleh Kementrian Ketenagakerjaan RI. Sedikitpun tidak ada rasa canggung dan khawatir ketika agenda seminar berlangsung. Kritik serta saran disampaikan oleh setiap peserta demi kesempurnaan hasil laporan praktik kerja lapangan.

Pernyataan dari pengujipun selaras dengan keaktifan peserta ahli K3 umum. Semakin sering peseta bertanya dan mengemukakan pendapat, maka akan semakin luas wawasan serta melatih peserta untuk menemukan pemecahan masalah. Dan diharapkan pula selain dari materi ayng diperoleh peserta, hasil dari diskusi mampu menjadi bekal ketika peserta kembali ke lokasi kerja. (int/)